Kegiatan MPLS SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta

Kegiatan MPLS SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, bahwa dalam pelaksanaaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siwa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang ramah lingkungan, sejuk, nyaman bagi peserta didik.

Dengan kata lain Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Siswa ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Sekolah yang dimaksud seluruh sekolah yang dari SD, Sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat baik berstatus sekolah Negeri maupun Swasta.

Tujuan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah memiliki tujuan sebagai berikut:

1.    Mengenali potensi diri siswa baru.

2.  Bentuk beradaptasi siswa baru dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

3.    menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai siswa baru. 

4.    mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

5.    menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan Pendidikan karakter di Indonesia.
6.    Kegiatan MPLS bagi Siswa Baru ini dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran. kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini hanya pada jam pelajaran. 

Seperti halnya di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta kegiatan MPLS ini di pimpin langsung oleh wali kelas masing masing mulai dari kelas 1 A,B,C dan D. Kegiatan MPLS di Ungaran di kemas sedemikian rupa agar siswa tidak jenuh, maka wali kelas mengemas kegiatan MPLS ini lebih banyak ke games edukasi. setelah melaksanakan kegiatan tersebut siswa di bawa untuk keliling sekolah untuk melihat ruang-ruang dan struktur organisasi sekolah dan di akhiri pengenalan seluruh keluarga besar guru dan kariawan SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta.