Harapan Baru Pramuka SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta.

Harapan Baru Pramuka SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta.

Sabtu, 20 November 2021 SDN Ungaran 1 Yogyakarta mendapat informasi akan adanya kegiatan Lomba Pesta Siaga di tingkat kwartir cabang kota Yogyakarta (kwarcab kota). Tak membutuhkan waktu lama, Pengurus Gugus Depan Sekolah membentuk tim pendamping dan pelatih untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Batasan umur 10 tahun membuat sekolah menugasan kelas 3 sebagai perwakilan untuk mengikutinya. Setelah melalui proses seleksi internal, akhirnya sekolah mengirim 2 barung yaitu satu barung putra dan satu barung putri.

Selama 5 hari para siaga berlatih berbagai cabang lomba sebagai perwujudan motto Sneusa yaitu Prestasi menjadi Tradisi. Ada 8 cabang lomba pesta siaga dimana masing-masing siswa harus menguasainya. Setiap cabang lomba memiliki metode lomba yang berbeda, bisa dilakukan secara daring (online) atau bisa dilakukan secara luring (offline) bergatung pada ketentuan lomba. Dua pelatih yaitu Bunda Nunik dan Bunda Nafi selalu mendampingi anak-anak dalam berlatih. Selain itu, dukungan dan kerjasama orang tua siswa menjadi pendorong dan penyemangat anak-anak untuk berlomba.

Pada hari Sabtu, 27 November 2021 anak-anak siaga maju lomba dengan membawa semangat yang tinggi. Barung putra dan putri berusaha sekuat tenaga serta mencurahkan semua pikirannya untuk menjadi yang terbaik. Walaupun sebelumnya mereka belum pernah mengikuti lomba pramuka bahkan belum pernah berlatih pramuka secara langsung karena kondisi pandemi, tetapi meraka tetap berusaha dan percaya diri. Maka seiring waktu berjalan, siaga menyelesaikan lomba satu per satu sampai pada akhirnya siaga dapat menyelesaikan semua lomba dengan lancar.

Berbagai keterbatasan yang dimiliki siaga tidak membuat mereka putus asa. Semua usaha dan doa membuahkan hasil. Barung putri berhasil menjadi Juara Harapan III. Sedangkan barung putra belum berhasil mendapatkan kejuaraan. Pencapaian ini merupakan potensi-potensi yang menjadi harapan baru bagi gugus depan pramuka SDN Ungaran 1 Yogyakarta. Pencapaian ini menjadi pelepas dahaga gugus depan pramuka sekolah yang selama ini tidak banyak kegiatan karena terdampak pandemi covid-19. Harapan untuk bangkit kembali kini sudah mulai bermunculan. Terimakasih untuk semua kerjakeras dan kerjasama dari para siaga, pendamping, pelatih, serta orangtua siswa. Mari kita wujudkan bersama motto Sneusa “Prestasi menjadi Tradisi”.  (Adi)