Duta RRI Jogja: Langkah Perjalanan Prestasi Binar Menuju Nasional

Duta RRI Jogja: Langkah Perjalanan Prestasi Binar Menuju Nasional

Duta RRI Jogja: Langkah Perjalanan Prestasi Binar Menuju Nasional

      Sebuah kesempatan emas tentu tidak ingin terlewati begitu saja. Aksi cepat tanggap langsung di lakukan Binar Mutiara Yahya sebaik mungkin, ketika Binar ditunjuk oleh sekolah tercinta SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta untuk mengikuti ajang kompetisi mendongeng di RRI Yogyakarta antar siswa dengan tema cerita “Dengan Harapan Merdeka Dari Covid”. Alhamdulillah ini bagi Binar adalah kesempatan yang sangat baik untuk bisa berkegiatan, berkarya dan berkreasi apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, kebanyakan semua pelajar merasakan bosan dan kejenuhan dengan kegiatan di rumah saja. Tak berselang lama segeralah Binar bersama Bundanya mencari ide cerita yang pas dan mengolahnya menjadi sebuah tulisan naskah cerita. Binar pun segera bergegas latihan mulai dari dramatic reading, membaca narasi, belajar intonasi, artikulasi pengucapan yang tepat dan belajar membagi suara karakter sebaik mungkin karena ini bentuknya seperti cerita monolog. Setelah persiapan dan latihan di rasa cukup, Binar bersiap langsung berangkat ke studio rekaman untuk record take vokal yang di arahkan oleh Ayah & Bundanya.

      Setelah hasil rekaman selesai lalu segera dikirim ke panitia RRI Jogja. Tanpa diduga ketika pengumuman tiba, dapat kabar baik dari Bu  Zenny (Ibu guru bagian kesiswaan minat dan bakat), kalau Binar pemenangnya menjadi juara 1. Yang mengagumkan ternyata minat pesertanya banyak sekali. Kejuaraan kompetisi ini diikuti dari 210 peserta se Provinsi DIY. Di hari yang sama pihak panitia RRI Jogja menelpon Binar meminta segera datang ke Kantor RRI untuk acara penyerahan penghargaan piala bersama 10 besar pemenang lainnya. Syukur Alhamdulillah Binar dinobatkan menjadi Duta Cerita RRI Jogja 2020 untuk maju ke tingkat Nasional. Ini sudah sangat membanggakan bagi orang tua Binar dan civitas akademika SDN Ungaran 1 Jogja. Saat setelah penyerahan piala, kemudian Binar diminta oleh RRI rekaman take video mendongeng tampil langsung di panggung auditorium RRI untuk segera dikirim ke RRI Pusat mengikuti seleksi jenjang tingkat Nasional. Beberapa hari kemudian, dapat telepon dari Pak Hendra RRI Jogja bahwa Binar masuk finalis 20 besar di tingkat nasional yang akan di seleksi lagi menjadi 3 terbaik seluruh Indonesia. Hanya doa harapan dan menunggu perkembangan hasil pengumuman demi pengumuman saja yang bisa dilakukan, karena lomba ini sifatnya tidak langsung bertemu dengan para kompetitor peserta dari luar daerah. Ternyata kabar baik selanjutnya berpihak kepada RRI Jogja, SDN Ungaran 1 Yogyakarta bahwa Binar masuk 3 besar dari seluruh Indonesia sebanyak 2600 perseta yang mengikuti ajang lomba cerita RRI ini. Binar senang, bangga sekaligus bingung, karena acara penganugerahannya harus berangkat ke RRI Pusat jakarta, karena memang awal ikut ajang ini tidak punya ekspektasi yang berlebihan, mengalir begitu saja dari belajar dan terus belajar. Bahkan sepengtahuannya lomba tersebut hanya berkompetisi di wilayah Jogja saja. Namun dengan niat dan support dari berbagai pendukung Binar di dampingi Ayah Bundanya dan pendamping official RRI Jogja berangkat ke Jakarta. Alhamdulillah Binar sebagai duta RRI Jogja mendapatkan juara ke 3 di tingkat Nasional.

         Kesempatan emas ini adalah sebuah pengalaman yang luar biasa untuk Binar Mutiara Yahya. Walaupun di masa pandemi ini, Binar tetap diberikan kesempatan untuk bisa terus berkarya dan berprestasi. Semoga prestasi Binar di ajang Nasional ini bisa bermanfaat untuk semuanya, menjadi inspiriasi dan menjadi motivasi bagi anak-anak pelajar di seluruh Indonesia. Pesan binar untuk semua sahabat-sahabat semuanya. Di masa pandemi sekarang , jangan berhenti melakukan sebuah aksi. Dari rumah bisa kita manfaatkan untuk aksi belajar, aksi berkreasi dan aksi berkarya. SALAM ANAK INDONESIA !!!